7 danau paling angker di Indonesia

Danau merupakan sebuah cekungan besar terdapat di permukaan bumi yang di genangi air tawar maupun asin dan dikelilingi daratan. Di Indonesia sendiri terdapat puluhan danau yang indah dan eksotis. Contohnya saja, danau Labuan Cermin, yang menyuguhkan pemandangan air yang begitu jernih. Saking jernihnya, permukaan dasar danau terlihat sangat jelas. Tidak hanya itu, rindangnya pepohonan yang ada di sana menambah ke asrian danau Labuan Cermin.

Sumber gambar : www.ksmtour.com

Namun, dari sekian banyak danau di Indonesia, ternyata ada lho, danau-danau yang di katakan angker. Danau apakah itu? Dan dimana letaknya? Berikut 7 danau paling angker di Indonesia :

1. Danau Gunting - Bogor. 
Sumber gambar : www.cifajota.blogspot.com

Di namakan seperti itu, sebab danau satu ini bentuknya seperti gunting. Danau Gunting terletak di belakang istana Bogor. Kisah mistis yang tak lepas dari danau tersebut adalah, di salah satu sisi danau Gunting ada sesosok makluk astral dengan tubuh hitam dan besar. Di tengah danau, terdapat sebuah pulau kecil yang juga menyimpan cerita mistis. Konon, di pulau itu sering terlihat penampakan sesosok wanita memakai baju Belanda. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai noni Belanda.

2. Danau Toba - Sumatera Utara.
Sumber gambar : www.bravaradio.com

Danau satu ini memang sejak dulu di kenal ssbagai danau paling angker di Indonesia. Danau yang memiliki luas sekitar 1.130 kilometer persegi memiliki kisah yang sangat menyeramkan.

Konon, saat ada seorang pemuda yang bermain di pinggir danau Toba pada malam hari, melihat sesosok wanita berwajah pucat berjalan mendekati teman-temannya. Tidak hanya itu, penduduk sekitar juga sering mendengar tangisan dari arah danau. Mereka percaya kalau tangisan itu berasal dari arwah orang yang tenggelam di sana.

Meski begitu, danau Toba selalu ramai di kunjungi, sebab pemandangan yang di tawarkan sangatlah indah. Belum lagi keindahan pulau Samosir. Membuat danau satu ini ramai pengunjung.

3. Danau Ranu Kumbolo - Jawa Timur. 
Sumber gambar : www.pegipegi.com

Jika anda pernah mendaki gunung Semeru, pasti tidak asing dengan danau satu ini. Sebab, para pendaki sering beristirahat dan menginap di danau Ranu Kumbolo. Tetapi, tidak sedikit pendaki yang melihat sesosok wanita berdiri di tengah danau pada malam hari. Mereka percaya kalau wanita tersebut adalah dewi penunggu danau Ranu Kumbolo.

Tidak hanya itu, di dalam danau Ranu Kumbolo terdapat ikan mas yang tidak di ketahui asal usulnya. Menurut penuturan warga sekitar, ikan-ikan mas itu adalah jelmaan dari para dayang penunggu danau Ranu Kumbolo. Oleh sebab itu, di sekitar danau terdapat tulisan yang mengatakan jangan menganggu dan mengambil ikan di danau.

4. Danau Tolire - Ternate. 
Sumber gambar : www.merdeka.com

Danau yang teletak di kawasan Ternate memiliki pemandangan yang menajubkan. Namun, juga menyimpan cerita yang menyeramkan. Konon, di sini pernah ada sebuah kampung yang terkena kutukan. Para pengunjung juga kerap melihat sesosok penampakan yang mengerikan di kawasan danau Tolire. Tidak hanya itu, sesosok siluman buaya sepenjang 10 meter mendiami danau satu ini. 

5. Danau Rawa Pening - Semarang. 
Sumber gambar : www.panwis.com

Di posisi ke lima ada danau Rawa Pening yang terletak di kota Semarang. Keindahan danau satu ini tidak kalah dengan danau yang lain. Akan tetapi, menurut legenda, di dalam danau Rawa Pening bersemayam sesosok siluma ular, sama halnya dengan danau Tolire. Penduduk setempat juga sering mendengar suara gamelan yang sangat keras. Dan mereka percaya, jika terdengar suara gamelan dari arah danau, bertanda ada seorang yang tenggelam.

6. Danau Gunung Tujuh - Mataram.
Sumber gambar : www.kesiniaja.com
Masyarakat Kerinci mengenal danau satu ini dengan danau sakti, sebab di permuka-an air tidak napak satu helai daun, padahal di pinggir danau di tumbuhi banyak pohon. Danau yang terletak di belakang gunung Kerinci sering terjadi perubahan cuaca yang secara tiba-tiba. Banyak masyarakat Kerinci menyebut danau Gunung Tujuh dengan danau para dewa yang menyimpan pesona dan misteri. 

7. Danau Telaga Herang - Jawa Barat. 
Sumber gambar : www.triptrus.com

Untuk masyarakat jawa Barat, pasti tidak asing dengan danau Telaga Herang. Danau yang menjadi cerita sesosok Nyai Roro Ronggeng yang berparas cantik dan memiliki nama asli Nyai Ratna Herang. Wanita ini meninggal karena usia muda karena di bunuh. Konon, masyarakat setempat dan pendaki sering melihat penampakan Nyai Roro Ronggeng berada di kawasan danau Telaga Herang. 

Sekian ulasan mengenai 7 danau paling angker di Indonesia. Ternyata di balik keindahan danau di atas, menyimpan banyak cerita yang menyeramkan. Bila anda ingin pergi kesana, alangkah baiknya anda berhati-hati dan mematuhi peraturan yang ada disana. 

Sumber : Berbagai Sumber.

Baca juga : Alat doraemon yang ternyata sudah ada di dunia nyata.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 danau paling angker di Indonesia"

Post a Comment