7 Penemuan Menakjubkan Dari Dasar Laut. Ada Kota Hilang?

Sumber gambar : www.ayobandung.com

Dengan ke dalaman rata-rata mencapai 14.000 meter, laut sering meninggalkan ruang bagi misteri, mitos, dan segala sesuatu di antaranya. Akan tetapi, meski lautan merupakan bagian besar di planet kita, manusia baru saja berhasil mengeksplorasi 5 persennya saja. Hal ini menunjukkan kalau  masih ada 95 persen wilayah laut yang belum terjamah manusia dan penuh dengan kemisteriusan. Dan berikut, 7 penemuan dari dasar laut yang menajubkan.

1. Silfra Crack. 

Sumber gambar : www.amusingplanet.com

Silfra Crack merupakan sebuah lempengan tektonik yang menjadi pemisah antara Amerika Utara dan Eurasian. Lokasi dari penemuan satu ini berada di danau Vingvallavatn, tepatnya di taman nasional Pingvellir, Islandia. Karena pemandangan yang di suguhkan begitu menajubkan, menjadikan tempat satu ini sebagai tempat untuk menyelam. Semenjak di temukan Silfra Crack, jarak antara Amerika utara dan Eurasian terus bertambah sekitar 2 centimeter setiap tahunnya.

2. Lingkaran Misterius Bawah Laut. 

Sumber gambar : www.cahayafortuna.blogspot.com

Penemuan lingkaran ini terjadi pada tahun 1995 oleh seorang penyelam berkebangsaan Jepang. Tidak hanya itu, lingkaran bawah laut misterius menjadi perbincangan para ilmuan selama bertahun-tahun. Bagaimana mungkin, sebuah lingkaran sempurna bisa terbentuk di bawah laut dengan beberapa relief di atasnya. Akan tetapi, misteri lingkaran misterius bawah laut ini terpecahkan, lingkaran tersebut berasal dari Puffer. Ikan Puffer jantan akan membuat lingkaran itu untuk menarik perhatian dari ikan Puffer betina.

3. Palung Mariana. 

Sumber gambar : www.dictio.id

Salah satu misteri terbesar di bawah laut hingga saat ini masih digali, adalah palung Mariana. Dimana, yang kita ketahui palung Mariana merupakan bagian terdalam dari laut. Palung satu ini memiki kedalaman sekitar 1994 meter di bawah permukaan laut. Palung Mariana pertama kali di temukan HMS Challenger di tahun 23 Maret 1875. Pada tanggal 26 Maret 2012, James Cameron beserta perlatannya berhasil menembus 1893 meter.

4. Kota Heracleion. 

Sumber gambar : www.atlantiscaymanbarc.com

Arkeolog bernama Dr. Frank Goddio, menghabiskan hampir seluruh hidupnya untuk untuk menemukan kota Heracleion. Heracleion sendiri, adalah kota hilang yang menjadi mitos bagi orang Yunani ataupun Thonis. Kota satu ini berhasil ditemukan pada kedalam sekitar 46 meter di bawah permukaan air laut di teluk Abukir, Mesir. Penemuan kota Heracleion langsung membuat gempar dunia. Tidak ada yang menyangka, kalau kota satu ini adalah kenyataan, setidaknya ada 1200 kota Heracleion di tersembunyi di bawah air. Ketika di temukan, di reruntuhan kota Heracleion, di temukan juga sejumlah bangkai kapal, jangkar, koin, dan sejumlah patung raksasa.

5. Obat Kuno Romawi. 

Sumber gambar : www.dictio.com

Beberapa ilmuan asal Italia berhasil menemukan sebuah pill yang tersimpan di dalam kotak yang di temukan dalam bangkai kapal. Pill beserta bangkai kapal tersebut di temukan di pantai lepas Tuskani. Karenya bungkusnya tertutup rapat, pill tersebut masih tersimpan dengan baik dan tersegel. Di perkirakan, pill tersebut berusia sekitar 2000 tahun dan digunakan untuk pengobatan mata.

6. Sungai Bawah Laut. 

Sumber gambar : www.ndesoprikitiw.blogspot.com

Kebanyakan orang mengetahui kalau sungai itu ada di permukaan tanah, dan tidak ada yang mengira, kalau ada sebuah sungai membentang di bawah laut. Pasti, sobat berfikir, mana ada sungai di bawah laut? Namun, kenyataannya itu memang ada. Sejumlah ilmuan berhasil menemukan sebuah sungai yang berada di bawah laut. Hal ini membuat penemuan sungai ini menjadi penemuan paling mengejutkan. Sungai ini terletak di bawah laut Hitam dan terbentang sekitar 30 meter. Penemuan sungai bawah laut ini terjadi pada kisaran tahun 2010 dan menjadikannya sebagai sungai bawah air pertama di dunia.

7. Mesin Pesawat Apollo 11. 

Sumber gambar : www.tecno.okezone.com

Saturn V merupakan nama roket yang di gunakan oleh Amerika untuk mengirim astronot ke angkasa luar. Roket tersebut di ciptakan oleh nasa sendiri dari tahun 1967 hingga 1973. Tidak hanya itu, dari sekian banyak roket, roket Saturn V ini digunakan oleh Neil Armstrong untuk terbang ke bulan. Beberapa mesin dari Apollo 11 lepas dan tenggelam di dasar lautan. Pada 2012, CEO dari Amazon Jeff Bezos melakukan ekspedisi untuk menemukan mesin roket Apollo 11 yang hilang. Di tahun 2013, ekspedisi mereka berhasil, sebuah mesin yang diduga milik Apollo 11, berhasil di temukan dan di angkat dari lepas pantai Florida.

Nah, itu tadi beberapa penemuan menajubkan sekaligus misterius dari dalam samudra. Mungkin, penemuna-penemuan yang berasal dari samudra akan bertambah setiap tahunnya. Pasalnya masih ada 95% lautan yang belum terjamah oleh tangan manusia.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Penemuan Menakjubkan Dari Dasar Laut. Ada Kota Hilang?"

Post a Comment