5 misteri yang ada di tanah jawa. Ada apakah di sana?


Pulau Jawa merupakan satu dari 5 pulau terbesar di Indonesia. Pulau jawa sendiri di apit oleh dua pulau, yaitu pulau Bali di sebelah timur dan pulau Sumatera di bagian barat. Tidak hanya itu, pulau Jawa juga di apit oleh 2 lautan, yaitu laut Jawa di sebelah utara, dan Samudra Hindia di bagian selatan.

Jawa juga memiliki banyak adat maupun kebudayaan yang sangat beragam, dan selalu berkaitan dengan hal-hal berbau mistis. Maka sobat jangan heran, bila terdapat banyak misteri tentang tanah Jawa.

Dan berikut ini, beberapa misteri tentang tanah Jawa versi pecinta mistis : 


1. Penghuni pantai selatan.

Sumber gambar : www.seruindonesia.com

Mungkin, misteri satu ini sudah terkenal di telinga masyarakat yang tinggal di pulau Jawa, terutama bagian pesisir selatan. Mereka menyakini, kalau ada sesosok ratu yang menjaga pantai selatan. Dan ratu tersebut di kenal dengan sebutan Ratu Nyai Roro Kidul.

Konon, jika ada pengunjung yang menghilang saat berenang di pantai selatan, mereka akan di jadikan budak oleh Ratu Nyai Roro Kidul. Tidak hanya itu, pengunjung juga di larang mengenakan baju dengan warna tertentu. Pasalnya, warna tersebut dapat memancing perhatian dari Ratu pantai Selatan. Hal ini juga bisa membuat sobat di tarik ke alamnya dan di jadikan seorang budak.

2. Misteri makhluk bernama Semar.

Sumber gambar : www.m.dream.co.id

Semar merupakan sesosok tokoh kesenian wayang kulit dari jawa. Semar sendiri di gambarkan dengan seorang pria berperut buncit dan memiliki 3 orang anak, yaitu, Gareng, Petruk, dan Bagong. 

Semar di perkirakan seorang penghuni tanah Jawa paling tua dan masih menyimpan banyak misteri hingga saat ini. Banyak yang berspekulasi kalau Semar masih menjaga dari ujung hingga pangkal tanah Jawa.

3. Misteri gunung Tidar.

Sumber gambar : www.garudacitizen.com

Di puncak gunung Tidar, terdapat sebuah tugu yang di percaya sebagai paku tanah Jawa. Jika tugu ini di cabut, maka seluruh tanah Jawa akan mengalami bencana yang sangat hebat. Gunung Tidar juga di kenal angker, pasalnya, siapapun itu yang datang akan meninggal.

Hingga saat ini, gunung Tidar menjadi sebuah tempat ritual. Tidak hanya itu, gunung Tidar juga di gunakan untuk tempat ziarah. Hal ini di karenakan ada sebuah makam islam berada di sana.


4. Misteri Syekh Subakir.

Sumber gambar : www.indonesianspaceresearch.blogspot.com

Syeikh Subakir merupakan sesosok wali songo periode pertama yang di utus oleh khalifah dari kesultanan Turki Usmaniya, Sultan Muhammad I untuk menyebarkan agama islam di nusantara. Namun, tidak banyak orang yang mengenal tentang sesosok Syekh Subakir.

Konon, Syekh Subakir-lah yang bisa mengusir para makhluk halus yang mendiami tanah jawa. Syekh Subakir juga masih memiliki hubungan erat dengan sebuah tugu yang berada di puncak gunung Tidar.

5. Misteri tradisi malam Suro.

Sumber gambar : www.liputan6.com
Suro merupakan pergantian tahun islam, yaitu 1 muharram. Biasanya masyarakat Jawa melakukan berbagai ritual atau tirakat, mulai dari lek-lekan (tidak tidur semalam suntuk), atau tuguran (perenungan sambil berdo'a).

Bahkan, sebagian orang memilih bersemedi di sebuah tempat yang di sakralkan, seperti puncak gunung, pohon besar, ataupun makam keramat. Dan perlu sobat ketahui, tradisi malam Suro sudah di kenal sejak masa pemerintahan sultan Agung (1613 - 1645 M)

Nah, itu tadi beberapa ulasan mengenai mitos-mitos yang terdapat di tanah Jawa. Percaya atau tidak, beberapa masyarakat Jawa masih mempercayai mitos-mitos di atas.

Sumber : tanahnusantara.com, ucnews.com, daerah.sindonews.com, kaskus.co.id
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 misteri yang ada di tanah jawa. Ada apakah di sana?"

Post a Comment