Tarian Ghaib yang Berasal Dari Indonesia. Banyak Penari Kesurupan Jika Menarikannya!

Selain memiliki banyak sumber daya alam yang melimpah, Indonesia juga memiliki bergam kebudayaan. Contohnya saja dengan tarian. Hal ini dikarenakan banyak suku yang hidup berdampingan di Indonesia, sehingga membuat nusantara memiliki banyak tarian.
Sumber gambar : google/blogkulo.com
Meski begitu, tak sedikit dari tarian-tarian tersebut selalu dikaitkan dengan hal mistis. Sesuai dengan ciri khas masyarakat Indonesia yang masih percaya akan hal ghaib, mereka menyakini kalau tarian-tarian itu mengandung unsur mistik yang sangat kuat. Dan berikut ini, 5 tarian ghaib yang berasal dari Indonesia, dan diyakini bisa memanggil makhluk halus :

1. Tari Calon Arang.

Sumber gambar : google/indonesiakaya.com

Memang sejak dulu, pulau Dewata memiliki banyak kesenian yang digandrungi para wisatawan, contohnya dengan tarian Calon Arang. Tarian ini terkenal dengan unsur magisnya yang begitu kuat. Hal ini dibuktikan dengan sesosok orang yang berperan menjadi Rangda, akan melakukan prosesi menusuk benda tajam ke tubuhnya. Selain itu, jika ada orang yang ingin menarikan Calon Arang, mereka harus melewati beberapa ritual agar tubuhnya kebal dengan benda tajam.

2. Tari Sigale-gale.

Sumber gambar : google/bisniswisata.co.id

Jika kalian berasal dari pulau Sumatera, pasti tidak asing dengan tarian Sigale-gale. Tarian ini berasal dari suku Batak. Tarian Sigale-gale dianggap memiliki unsur ghaib karena tarian ini memiliki tujuan menghantarkan arwah seorang laki-laki agar rohnya tenang. Di dalam tarian Sigale-gale, sobat akan menemukan sebuah boneka kayu mirip manusia yang digerakkan oleh seseorang. Boneka inilah yang dipercayai sebagai tempat masuknya arwah laki-laki tersebut. Konon, jika boneka ini sudah dirasuki, boneka ini akan bergerak dengan sendirinya.

3. Tari Sintren. 

Sumber gambar : google/inibaru.id

Tidak sembarang orang bisa menarikan tarian satu ini. Keahlian menari Sintren bisa didapatkan melalui trah atau garis keturunan. Tarian ini akan dibawakan oleh seorang penari dengan keadaan kesurupan ruhnya Dewi Lanjarsari. Seorang dewi yang menguasai pantai utara. Tarian Sintren berkembang disekitar pesisi utara pulau jawa.

4. Tari Mabbissu.

Sumber gambar : google/rudyrustam.wordpress.com

Tari Mabbissu adalah sebuah tarian adat yang berasal dari suku Bugis. Sama halnya dengan Tari Calon Arang, Tari Mabbissu melibatkan kontak senjata di dalam tarianya. Dimana para penari akan ditikam dengn senjata tajam, bahkan ada juga penari yang disiram dengan timah panas. Anehnya, para penari tidak akan terluka atau mengeluarkan setetes darah sedikitpun. Hal ini sebabkan, penari Mabbissu sudah menggunakan sebuah perlindungan magic tinggkat tinggi. Mungkin factor inilah, yang membuat tarian Mabbissu menjadi tarian sakral.

5. Tari Ronggeng.

Sumber gambar : google/silontong.com

Untuk sobat yang tinggal ditanah Pasundan, pasti tidak asing dengan tari Ronggeng. Tarian satu ini mengangkat sebuah cerita tentang seorang putri yang kehilangan kekasihnya karena dibunuh para perampok. Karena merasa terpukul, putri yang memiliki nama, Putri Semboja bertekad mencari pembunuh kekasihnya. Dan akhirnya, Putri Sembojo menyamar menjadi seorang penari Ronggeng guna mencari siapa pembunuh kekasihnya.

6. Tari Lengger.

Sumber gambar : google/myimage.com

Tari Lengger biasanya dibawakan dengan berbagai aktraksi yang mendebarkan. Para penari akan menari dengan ke adaan tidak sadarkan diri, atau sering disebut dengan kesurupan. Tidak hanya penarinya saja, melainkan beberapa dari penonton akan menari karena mengalami kesurupan. Meski begitu, Tari Lengger sering dijadikan kebebasan berhubungan intim, karena para penonton bisa "nyawer' kepada sang penari. Nyawer adalah seorang penonton akan memberikan beberapa uang kepada penari, dan penari tersebut akan menari menghibur para penyawer.

7. Tari Lumense.

Sumber gambar : google/afk.wiki

Lumense memiliki makna "terbang tinggi" dan fungsi tari Lumense adalah penyembahan kepada ruh halus Kowanuano. Roh tersebut dianggap sebagai penguasa negeri, sehingga membuat masyarakat setempat terus melestarikan tarian Lumense dengan tujuan untuk mengusir segala bencana yang mengancam penduduk pulau Buton. Tari Lumense merupakan tarian khas masyarakat Buton, Sulawesi Tenggara.

8. Tari Bedhaya Ketawang.

Sumber gambar : google/ulinulin.com

Diposisi terkahir ada tari Bedhya ketapang yang berasal dari suku jawa. Tari ini merupakan perwujudan dari persembahan yang ditujukan kepada Ratu Kidul sebagai bentuk cintanya kepada raja pertama Mataram. Tarian satu ini mejadi sedikit mistis karena sebelum melakukan tarian, para penari beserta pihak kraton atau pihak penyelenggara harus melakukan beberapa ritual khusus. Tidak hanya itu, jumlah penari juga harus ganjing, hal ini bertujuan agar ada tempat bagi ratu Kidul untuk menari bersama.

Sekian ulasan mengenai tarian-tarian Indonesia yang memiliki unsur mistis. Jika ada tambahan, silahkan sobat tulis dikolom komentar. Atau sobat ingin request tentang seputaran ghaib lainnya, silahkan hubungi admin.


Sumber referensi : vebma.com, wowkeren.com, terseram.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tarian Ghaib yang Berasal Dari Indonesia. Banyak Penari Kesurupan Jika Menarikannya!"

  1. semangat bro, jarang sekarang orang menulis tentang kebudayaan seperti ini Oprek Bareng

    ReplyDelete