8 Fakta Tentang Benua Antartika yang Jarang Di Ketahui Banyak Orang!

Benua Antartika yang terletak di kutub selatan, merupakan salah satu benua terkecil di dunia. Benua satu ini memang di penuhi dengan es dan es, hal ini berbeda denga kutup utara yang masih dihuni sekitar 4 juta orang. Antartika merupakan salah satu benua yang tidak dihuni oleh satupun manusia.
Sumber Gambar : www.bbc.com

Hal ini dikarenakan, sumber daya di Antartika hanya boleh digunakan untuk perdamaian dan ilmiah. Oleh sebab itu, benua Antartika merupakan benua yang belum tereksplore sepenuhnya. Dan berikut ini, 8 misteri yang menyelimuti benua antartika :

1. Markas Rahasia Nazi Jerman. 

Sumber gambar : www.nationalgeograpic.grid.com

Satelit Nasa pada tahun 2006 menangkap sebuah bentuk aneh dibenua Antartika yang dijuluki dengan Wilkes Land. Penemuan misterius ini terbentang sekitar 40 KM dan mencapai kedalaman sekitar 850 Meter. Beberapa peneliti mengatakan, kalau Anomali atau yang terkubur di bawah lapisan es tebal ini, merupakan hantaman asteroid yang memusnahkan para Dinasaurus. Akan tetapi, datang sebuah teori yang berbeda dari para pemburu UFO, Secure Team 10, yang mengklaim kalau Nazi membuat markas di benua Antartika selama perang dunia ke II. Bahkan, mereka juga berpendapat, kalau Anomali tersebut, merupakan tempat untuk pendataran pesawat luar angkasa. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada ilmuan yang berhasil mengeluarkan benda apa yang terkubur di dalam lapisan es tersebut. 

2. Menyimpan Flora dan Fauna yang Misterius. 

Sumber gambar : www.adventuretravel.com

Di benua Antartika, sobat tidak akan menemukan Beruang Kutup, tetapi akan menemukan para Pinguin. Hal ini sebabkan, Beruang Kutub hanya tinggal di Artika saja, sedangkan Pinguin hanya tinggal di Antartika. Unikanya, di benua Antartika, terdapat sebuah danau yang tidak membeku namun permukaannya tertimbun es yang cukup tebal, danau ini disebut dengan Lake Vostok. Sebuah perusahaan asal Russia berhasil mengebor permukaan danau Vostok yang memiliki ke tebalan sekitar 1000 meter. Dan ternyata, di dalam danau tersebut, ditemukan sejumlah makhluk hidup yang tidak pernah terlihat sebelumnya. Misalnya, Moluska laut, Krustasea, bahkan Ikan yang belum pernah ditemukan di manapun. 

3. Dipercayai Sebagai Tembok Bumi Datar. 

Sumber gambar : www.mogabay.co.id

Komunitas bumi datar mempercayai kalau benua Antartika merupakan tembok alias penghalang besar yang melingkari bumi dari daratan-daratan tersembunyi. Konon, di dalam tempat ini, terdapat markas-markas penelitian dari berbagai penjuru negara, mulai dari Amerika Serikat hingga Russia. Para pemburu bumi datar juga mengklaim, kalau tempat ini tidak bisa kunjungi oleh sembarang orang tanpa tujuan yang jelas. Mereka percaya, bahwa terdapat banyak daratan dibalik tembok tebal ini yang menyimpan sumber daya alam yang menajubkan dan teknologi super canggih.

4. Tersimpan Kehidupan yang Telah Hilang. 

Sumber gambar : www.hitekno.com

Hingga saat ini, Antartika belum pernah terjamah sepenuhnya. Sekitar 27% dari luasnya benua Antartika yang berhasil tereksplore. Maka dari situlah, para peneliti percaya kalau Antartika menyimpan kehidupan yang telah hilang ataupun tertimbun. Mulai dari penemuan Piramida yang tertutup es, gundukan berpola seperti alien, bahkan dikepercayaan beberapa agama yang menyatakannya sebagai tempat bersembunyinya kaun Yajud dan Ma'jud. Ada pula teori iluminati yang membahas UFO Nazi, dan hilang kota Atlantis yang sudah tertimbun bekuan es. Karena Antartika dahulu merupakan daratan yang subur, sehingga memungkin untuk ditinggali serta membangun kerajaan.

5. Kawasan Es dan Kering Terluas Di Dunia. 

Sumber gambar : www.sains.kompas.com

Antartika merupakan daratan yang tertimpun es lebih dari 4 kilometer. Luas benua Antartika juga melebihi benua Eropa, yaitu sekitar 14,4 juta km2, sedangkan benua Eropa hanya 10,8 juta km2. Dengan begitu, Antartika masuk benua es terluas dan terbesar di dunia. Tidak hanya itu, benua Antartika juga memiki suhu terdingin di dunia, yaitu kisarah suhu minus 50 derajad. Namun, Antartika pernah mengalami panas hingga 15 derajad celcius, sehingga banyak es yang mencair. Daerah tersebut adalah McMurdo Dry Valleys, daerah ini memang tidak bersalju dan cukup kering. Hal ini di sebabkan, hembusan angin di sana sangat kencang serta panas.

6. Orang Pertama yang Menginjakkan Kaki Di Antartika. 

Sumber gambar : www.internasional.kompas.com

Pasti sebagian besar orang sudah tahu, siapa orang bumi yang berhasil menginjakkan kaki di bulan, yaps, Neil Amstrong. Lantas, siapa orang yang pertama kali menaklukkan benua Antartika? Beliau adalah Roald Amundsen, seorang penjelajah asal negara Norwegia. Dia rela meninggalkan seorang penjelajah juga yang berasal dari Inggris jauh di bekalangnya. Roald berhasil menginjakkan kaki di Antartika pada 14 Desember 1911, dengan menancapkan bendera kebangsaanya di sana.

7. Sekitar 70% Air Bersih Bumi ada Di Sana. 

Sumber gambar : www.melihatmistis.com

Antartika memiliki ketebalan es rata-rata 1,6 kilometer, dengan 70% air tawar planet bumi terdapat di bawah lapisan es yang menutupi Antartika. Oleh sebab itu, Antartika memiliki 70% air bersih dari keseluruhan air yang ada di bumi. Di beberapa kawasan di benua Antartika, lapisan es bisa mencapai 4 kilometer. Jika es-es yang berada di Antartika mencair, permukaan air laut dunia akan naik hingga 65 meter. Hanya kurang 2% saja wilayah Antartika yang tidak tertutupi lapisan es tebal, yaitu McMurdo Dry Valleys.

8. Tempat Paling Berbahaya Di Dunia. 

Sumber gambar : www.laylawati.blogspot.com

kekuatan alam yang sangat hebat di Antartika membuat benua satu ini menjadi tempat paling berbahaya di dunia dan mematikan di dunia. Tidak ada fasilitas apapun dan orang yang bisa menolong sobat jika tersesat di sana. Antartika juga memiliki angin yang cukup kencang, sehingga membuat beberapa bagian di benua Antartika tidak bisa di selidiki karena ada angin besar yang menghancurkan banyak peralatan.

Pada tahun 1911, ada sejumlah orang yang berhasil menjelajahi dan mendaki gunung-gunung di Antartika dengan kakinya. Akan tetapi, mereka harus kehilangan nyawanya saat perjalanan pulang. Cuaca buruk merupakan salah satu factor yang membuat para pendaki tersebut tewas. Hingga detik ini, tak ada satupun orang yang menetap di sana, atau bisa di katakan, benua Antartika tidak memiliki penduduk tetap.

Demikian ulasan mengenai fakta tentang Antartika yang jarang di ketahui banyak orang. Ternyata, masih banyak misteri-misteri yang terdapat di belahan dunia, hal ini di karenakan masih banyak tempat yang belum terjamah tangan manusia.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Fakta Tentang Benua Antartika yang Jarang Di Ketahui Banyak Orang!"

Post a Comment