5 misteri tentang danau Toba yang bakal membuatmu mimpi buruk

Danau toba terletak di tengah pulau Sumatera bagian utara. Danau satu ini memiliki panjang 100 meter, lebar 30 meter, dan kedalaman 505 meter. Oleh sebab itu, danau toba merupakan salah satu danau alami terbesar di Indonesia. Tidak hanya itu, danau satu ini juga memiliki sebuah pulau yang berada di tengah-tengah danau, dan bernama pulau Samosir.

Sumber gambar : www.linkedin.com

Namun, pada tanggal 18 Juni 2018, terjadi sebuah insiden yang cukup mengerikan, yakni, karamnya KM Sinar Bangun di danau Toba. Lebih dari 100 orang dari 192 penumpung hilang atau tidak di temukan.

Dari situlah, misteri akan ke angkeran danau toba mulai simpang siur di telinga masyarakat Indonesia. Dan berikut ini, 5 misteri yang menyelimuti danau Toba :

1. Legenda batu gantung dan parapat yang fenomenal.

Di tebing pinggir danau Toba, ada sebuah batu yang mencuat. Masyarakat setempat menyebutnya dengan batu gantung. Di balik batu gantung satu ini, terdapat sebuah legenda yang cukup fenomenal.

Di lansir dari tribunmanado.co.id, ada seorang wanita yang bernama Seruni.
Seruni ingin mengakhiri hidup dengan meloncat ke danau Toba karena kisah asmaranya tidak di restuin oleh kedua orang tua dari Seruni.

Namun di saat Seruni ingin meloncat, tiba-tiba kaki Seruni terpeleset, dan saat itulah, Seruni beteriak "parapat, parapat batu" agar tebing menghampit dirinya.

Di saat orang tua Seruni tiba di lokasi, Seruni sudah terhampit dengan batu tebing. Dan di atas lobang di mana Seruni terjatuh, muncul sebuah batu yang menyerupai tubuh wanita.

Baca juga :

2. Misteri wisma megah. 

Pada tahun 1948, presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno, pernah mengasingan diri di sebuah gubuk yang berada di pinggir danau Toba selama 22 hari. 

Dan kini, gubuk tersebut menjelma menjadi sebuah wisma yang sangat megah dan berdiri kokoh di tepi danau Toba. Wisma ini di bangun untuk menyambut tamu-tamu yang terhormat. 

Di balik itu semua, banyak pengunjung yang menginap di wisma megah satu ini sering mendengar suara langkah kaki dari ruang pertemuan yang dulu di pakai oleh Ir. Soekarno. Bahkan, tidak sedikit pula, para pengunjung kerasukan atau di ganggu makhluk astral. 

3. Sesosok wanita berwajah rata mendiami danau satu ini. 

Ada sekelompok pemuda yang pernah mengalami kejadian mengerikan sekaligus aneh di danau Toba. Waktu itu, mereka sedang bermain air di tepi danau Toba di kala tengah malam. Di antara sekelompok pemuda tersebut, ada seorang pemuda yang menolak bermain air dan memutuskan untuk duduk-duduk di tepi danau.

Dan saat itu, pemuda tersebut melihat sesosok wanita keluar dari dalam danau Toba dan berjalan ke arahnya. Semakin lama, wanita itu juga semakin dekat, dan pemuda itu menyadari kalau wanita itu memiliki wajah yang rata, alias tidak mempunyai hidung, mulut, ataupun sepasang bola mata.

4. Seekor naga besar penunggu danau. 

Menurut pengakuan warga setempat, mereka mengaku kalau sering melihat sesosok naga raksasa penunggu danau Toba. Mereka juga mempercayai kalau naga tersebut merupakan jelmaan dari anaknya pak Toba yang mendiami kawasan danau Toba. 

Tidak hanya itu, para nelayan juga sering mendapati kemunculan naga besar tersebut di saat berenang, bahkan menampakkan diri hingga ke permukaan danau Toba. 

5. Misteri ikan mas raksasa.

Biasanya, ikan mas memiliki panjang sekitar 40 - 80 cm. Namun, tidak untuk ikan mas yang di temukan di danau Toba. Ikan mas satu ini mempunyai panjang sekitar 5 sampai 10 meter. Konon, ada 3 ikan mas yang sering menampakkan diri pada orang-orang tertentu. 

Masyarakat sekitar juga menyakini kalau ikan-ikan mas raksasa tersebut merupakan jelmaan dari penunggu danau Toba yang sudah hidup ratusan tahun silam. 

Akan tetapi, keberadaan ikan mas raksasa membuat resah para nelayan, pasalnya ikan mas raksasa tersebut merusak jala mereka. 

Nah, bagaimana sobat, menakutkan bukan? Meski memiliki segundang cerita seram, danau Toba juga memiliki keindahan alam yang cukup menajubkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda mengunjungi danau satu ini, tapi dengan satu catatan, anda harus selalu berhati-hati dan menaati peraturan atau norma yang berlaku di sana. 

Sumber : tribunmanado.co.id, hipwee.com, bacaterus.com.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 misteri tentang danau Toba yang bakal membuatmu mimpi buruk"

Post a Comment