Misteri gunung Anak Krakatau

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia di gemparkan dengan tsunami yang melanda di selat Sunda. Puluhan jiwa melayang, ratusan orang mengalami luka, dan ribuan rumah hancur terseret gelombang tsunami.

Sumber gambar : www.liputan6.com

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisiki (BMKG), kalau tsunami tersebut di sebabkan oleh longsoran bawah laut yang di picu oleh aktifitas vulkanik dari gunung anak Krakatau.

Pada tahun 1883 gunung Krakatau pernah meletus dengan sangat dasyat dan hebat. Letusan gunung satu ini menewaskan ribuan orang yang berada di pulau Jawa bagian Barat dan Sumatra Timur. Tidak hanya itu, pada saat letusan gunung Krakatau, bumi sempat mengalami perubahan iklim akibat tertutupi abu vulkanik dari letusan gunung Krakatau.

Namun, karena letusannya sendiri, gunung Krakatau yang semula tinggi menjulang ke langit, harus sirna, dan muncul gunung baru yang sering di sebut dengan gunung anak Krakatau.

Meski gunung anak Krakatau tidak setinggi gunung Krakatau, gunung satu ini masih menyimpan bahaya yang patut di waspadai, terutama masyarakat yang berada di pinggiran selat Sunda. Oleh sebab itu, masyarakat setempat mengkeramatkan gunung anak Krakatau. Jadi jangan heran, kalau gunung satu ini juga menyimpan banyak misteri layaknya gunung pada umumnya.

Berikut, misteri-misteri yang terdapat di gunung anak Krakatau :

1. Suara Misterius. 

Suara misterius ini biasa berupa suara tangisan, teriakan, panggilan-panggilan misterius, ataupun suara yang sangat ramai layakknya sebuah pasar lengkap dengan pedagang dan pembeli. Tidak hanya itu, dari arah anak gunung Krakatau, juga sering terdengar suara seperti gamelan yang dipukul, padahal di sekitar gunung, tidak ada orang yang menghuni dan di jaga dengan sangat ketat oleh petugas konservasi. 

Masyarakat setempat meyakini kalau suara-suara misterius itu berasal dari kerajaan ghaib yang berada di gunung anak Krakatau, atau arwah dari orang-orang yang meninggal karena terkena keganasan dari gunung anak Krakatau. 

2. Makhluk Aneh. 

Tidak sedikit dari pengunjung yang mengaku melihat sesosok mahluk yang tidak sewajarnya atau bisa di sebut dengan mahkluk aneh. Makhluk-makhluk aneh tersebut biasanya berupa seekor kadal raksasa atau burung dengan ukuran yang sangat besar. 

Akan tetapi, para penjaga yang bertugas menjaga ekosistem di sekitar gunung anak Krakatau, menuturkan kalau belum pernah menemui makhluk-mahluk aneh yang sering di ungkapkan oleh para pengunjung.

3. Patih Gajah Putih. 

Pasti sobat berfikir, apa hubungannya Patih Gajah Putih dengan gunung anak Krakatau? Dan jawabannya, hubungannya sangat erat, pasalahnya, Patih Gajah Putih di mitoskan menjadi bagian besar dari legenda gunung Krakatau.

Alkisah di mulai dengan berubahnya pangeran Purbaya menjadi seekor singa, dan seorang patih atau perdana mentri dari kerajaan Sriwijaya juga menjelma menjadi sesosok Gajah bewarna putih. Entah mengapa, tiba-tiba mereka berdua berkelahi dan saling adu kekuatan.

Pangeran Purbaya dan Patih Gajah Putih terus berkelahi selama 40 hari 40 malam tanpa henti. Karena pertarungan yang terus menerus dan memakan banyak waktu, mereka berdua akhirnya kehabisan tenaga, dan memutuskan untuk kembali ke daerah asal.

Akan tetapi, sebuah nasib sial di alami oleh Patih Gajah Putih saat perjalan menuju ke daerah asalnya. Kapal yang ia tumpangi harus karam di perairan selat Sunda. Setelah Patih Gajah Putih beserta kapalnya hilang dari permukaan air, tiba-tiba muncul sebuah gunung yang saat ini di sebut dengan gunung anak Krakatau. Gunung tersebut terus mengeluarkan kekuatan layaknya kekuatan dari Patih Gajah Putih.

Baca juga : 
  1. 8 gunung paling angker di Indonesia
  2. 6 hutan paling angker di Indonesia
  3. 4 tempat angker di negara Inggris

4. Penampakan Kapal Laut. 

Selain terdengar suara-suara misterius ataupun kemunculan makhluk-makhluk tak wajar, di sekitar perairan gunung anak Krakatau juga sering terjadi penampakan sesosok kapal putih dan menganggu para penjaga yang sedang berpatroli. 

Menurut pengakuan para petugas yang menjaga di sana, kapal tersebut biasanya berupa siluet putih dan mengapung di perairan sekitar gunung anak Krakatau. Namun, saat para pekerja mencoba mengadakan pencarian, para pekerja tidak menemukan tanda-tanda keberadaan kapal siluet putih tersebut. 

5. Cagar Alam. 

Cerita mistis tentang gunung anak Krakatau sudah menyebar di telinga masyarakat Indonesia, terutama pesisir selat Sunda. Oleh sebab itu, pemerintah menetapkan gunung anak Krakatau sebagai cagar alam yang sangat di lindungi dan di lestarikan. 

Hal ini berdampak positif bagi kelestarian ekosistem hewan maupun tumbuhan yang berada di sekitar gunung anak Krakatau.  Tidak hanya itu, wisatawan juga di perbolehkan untuk mengadakan penelitian maupun pengembangan ilmu pengetahuan di sana.

Itulah beberapa misteri yang tersimpan di dalam gunung anak Krakatau. Semoga saja letusan kali ini hanyalah hukum alam yang biasa terjadi, dan tidak berkaitan dengan misteri-misteri di atas.

Sumber : 
misterifaktadanfenomena.com,
facebook.com,
estrilook.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Misteri gunung Anak Krakatau"

Post a Comment