4 keris jawa yang sangat mematikan

Keris merupakan sebuah senjata tradisional yang berasal dari tanah jawa. Senjata satu ini memiliki ujung yang runcing dan bilah berkelok-kelok. Hal ini bertujuan saat keris menancap di tubuh musuh, maka musuh akan merasakan sensasi sakit yang luar biasa dan peluang mati cukup banyak. Biasanya, keris di buat dari kuningan ataupun baja khusus.
Sumber gambar : www.bangka.tribunews.com
Namun, selain menjadi senjata tradisional, keris juga terkenal dengan hal-hal berbau mistis. Biasanya, senjata satu ini sanggup berdiri dan bergerak dengan sendirinya. Bahkan, keris juga mampu membunuh seseorang tanpa ada yang mengendalikan. Dan berikut ini, 4 keris paling sakti yang ada di tanah jawa :

1. Keris Empu Gandring. 

Sumber gambar : www.nasionalisme.co
Keris satu ini bernama keris Singosari yang sudah ada sejak zaman hindu-budha. Keris ini di buat oleh seorang pandai besi yang terkenal pada masa itu, yaitu empu Gandring. Oleh sebab itu, masyarakat Jawa sering menyebut keris satu ini dengan sebutan Keris Mpu Gandring. 

Menurut legenda, keris mpu Gandring adalah keris kutukan yang berhasil membunuh 7 raja dari kerajaan Singosari. Bahkan, sang pembuat (Empu Gandring) dan sang pemilik (Ken Arok) ikut menjadi korban dari keganasan keris satu ini. 

Keganasan dari keris mpu Gandri berhenti setelah di kalah oleh seorang raja dari kerajaan Majapahit. Karena keris satu ini memiliki aura jahat yang sangat kuat, maka raja tersebut memerintahkan untuk membuang keris mpu Gandring ke dalam kawah gunung Kelud. Oleh sebab itulah, meski gunung Kelud bukanlah gunung yang besar ataupun tinggi, namun letusan yang di keluarkan sangat dasyat dan mematikan. 

2. Keris Pusaka Setan Kober. 

Sumber gambar : www.boombastis.com
Keris Pusaka Setan Kober berasal dari tanah Tuban, dan di buat oleh seorang empu yang bernama Supo Mandagri. Sebenarnya, mpu Supo Madagri adalah seorang pemeluk agam Hindu, namun setelah beliau menjadi muridnya sunan Ampel, mpu Supo Madagri menjadi mualaf dan masuk agama islam. 

Meski sudah memeluk agama islam, mpu Supo Madagri masih jago membuat keris. Beliau juga pernah membuat satu keris yang sangat sakti dan di pakai oleh Kanjeng Sunan Kudus. Namun, ke kurangan dari keris satu ini adalah, sang pemilik sering marah dan karena emosi, keris buatan mpu Supo Madagri tidak bisa di kendalikan. 

Keris Pusaka Setan Kober semakin terkenal setelah Kanjeng Sunan Kudus memberikan keris ini kepada anaknya yang bernama Arya Penangsang. Arya Penangsang adalah sesosok adipati yang sangat kuat dan sakti.

3. Keris Pusaka Nagasasra Sabuk Inten. 

Sumber gambar : www.dewisubdari.com
Keris ini merupakan keris peninggalan kerajaan Majapahit, tepatnya pada masa pemerintahan Brawijaya V. Pada waktu itu, kerajaan Majapahit sedang mengalami wabah penyakit dan serangan-serangan dari kerajaan lain. Oleh sebab itu, sang raja memerintahkan kepada mpu Supa untuk membuat keris yang mampu membuat kerajaan Majapahit tentram kembali. 

Setelah bertama selama 40 hari, mpu Supa langsung membuat sebuah keris yang di sebut dengan Keris Nagasastra Sabuk Inten. Keris ini memliki liku sebanyak 13 dan ada sebuah ukiran naga di bagian pangkalnya. Keris Nagasasra Sabuk Inten di percayai mampu menghindarkan kerajaan Majapahit dari serangan-serangan kerajaan lain ataupun wabah penyakit.

4. Keris Pusaka Kala Munyeng. 

Sumber gambar : www.galeripusaka.com
Sunan Giri adalah seorang penyiar agama islam di tanah Jawa. Bahkan, beliau mendirikan sebuah pondok pesantren yang berada di daerah Giri, kabupaten Lamongan. Semakin hari santri dan pengikuti dari sunan Giri bertambah banyak. Hal ini membuat prabu Brawikaya menganggap kepopuleran sunan Giri dapat mengancam keberadaan dari kerajaan Majapahit. Oleh sebab itu, prabu Brawikaya mengutus patih gajah mada beserta pasukan dari kerajaan Majapahit untuk menyerbu sunan Giri. 

Para santri yang mengetahui penyerbuan ini langsung melapor ke sunan Giri. Pada masa itu, sunan Giri sedang menulis dengan kalam (pena). Karena terkejut, kalam yang di pegang sunan Giri langsung terjatuh, dan berubah menjadi keris. Keris itu munyeng (berputar) mengamuk, dan memporak porandakan para pasukan Majapahit sekaligus patih gajah maja. Oleh sebab itu, keris ini di beri nama kalam munyeng atau pena berputar. 

Itu tadi ulasan mengenai keris paling sakti yang terdapat di tanah jawa. Meski selalu di kaitkan dengan hal-hal ghaib, namun keris merupakan salah satu senjata tradisional yang berasal dari tanah jawa. Tidak hanya itu, pusaka satu ini memang asli milik Indonesia.

Baca juga : 5 Boneka Paling Mengerikan Di Dunia

Sumber : masrukhan.com, iyakan.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 keris jawa yang sangat mematikan"

Post a Comment